Bersama Bersaudara -Orientasi Angkatan XXI UKM Kesenian Unej

Pada awal tahun ajaran baru ini UKM Kesenian Universitas Jember (UJ) kembali membuka pendaftaran atau open recruitment anggota baru yang berujung pada pelaksanaan kegiatan orientasi (sebutan pendidikan dan pelatihan dasar seni untuk UKM Kesenian UJ). Orientasi kali ini telah memasuki angkatan yang ke-21 dan seperti biasa orientasi dilaksanakan 2 (dua) fase dan di tempat yang berbeda pula.

Fase Orientasi Ruang dilaksanakan 2 (dua) hari yaitu pada Sabtu (3/3/2018) sampai dengan Minggu (4/3/2018) yang bertempat di Gedung Sporthall UJ dan Orientasi Lapang pada Kamis (15/3/2018) sampai dengan Minggu (18/3/2018) di daerah Perkebunan PDP Kahyangan, Desa Kemiri, Kec. Panti, Jember, Jawa Timur. ORIENTASI XXI UKM Kesenian UJ kali ini mengusung tema “Bersama Bersaudara” dengan harapan mampu menciptakan karakter yang memiliki jiwa solidaritas tinggi pada para calon anggota.

Sekitar 160 lebih peserta dari berbagai fakultas yang ada di Kampus Tegalboto ikut dalam kegiatan ini khususnya pada Orientasi Ruang. Hari terakhir Orientasi Ruang mereka dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil dari berbagai bidang seni yang ada dengan tujuan agar mereka dapat mengenal satu sama lain, tidak hanya teman satu bidang saja, sebab UKM Kesenian UJ merupakan sebuah organisasi, bukan sanggar. Pada hari terakhir Orientasi Ruang, tepatnya Minggu malam(4/3/2018) mereka diwajibkan mementaskan sebuah pertujukan sebagai syarat lolos pada Orientasi Ruang ini.

 

 

Setelah dinyatakan lolos pada Orientasi Ruang para peserta kemudian melewati Orientasi Lapang. Pada fase ini jumlah peserta atau calon anggota mengalami penurunan. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya hal ini biasa terjadi dimungkinkan peserta yang kurang siap dalam berbagai hal baik fisik maupun mental untuk terjun ke lapang.

Fase Orientasi Lapang sendiri menjadi fase yang paling berkesan, bagi para calon anggota muda khususnya. Di sana mereka ditempa selama 4 (empat) hari di alam terbuka. Bukan tempaan ala militer atau apapun sejenisnya, tapi tempaan di sini lebih kepada mental dan kesadaran mereka dalam menjalani proses berkesenian di UKM Kesenian UJ nantinya. Dimulai dengan berjalan kaki setelah turun dari truk yang membawa mereka (calon anggota muda) ke desa terakhir sebelum perkebunan, melewati pohon-pohon karet yang berjajar sampai akhirnya tiba di lokasi pelaksanaan orientasi setelah menyeberangi sungai berair jernih.

Tak lama setelah sampai di kamp, para calon anggota muda langsung diarahkan untuk membuat lingkaran. Lingkaran yang dibentuk setiap akan ataupun saat berkegiatan orientasi inilah yang nantinya menjadikan para calon anggota muda memiliki rasa “Bersama Bersaudara”. Orientasi lapang ditutup pada Minggu pagi (18/3/2018) dengan peng-ikraran di sungai. Dengan terpaan arus air yang segar, mereka bersama-sama mengucap ikrar yang menandakan telah selesainya rangkaian orientasi lapang angkatan XXI.

Salam Budaya !!!

ditulis oleh : Instagram

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑